Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat Partisi Manual di Linux Ubuntu Tanpa Ribet

Sampul Cara Membuat Partisi Manual Ubuntu

Saat menginstal Ubuntu, kamu memiliki opsi untuk membuat partisi manual yang memberikan kamu lebih banyak kendali atas struktur penyimpanan sistem operasi. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah-demi-langkah tentang cara membuat partisi manual pada Ubuntu. Dengan menggunakan alat partisi bawaan Ubuntu, kamu dapat mengatur partisi dengan tepat sesuai kebutuhan kamu. Untuk cara membuat partisi manual di linux Ubuntu, kamu bisa mencoba langkah sederhana dibawah

Cara Partisi Manual Ubuntu :

1. Sediakan Free Space atau Unlocated Space pada Penyimpanan

Langkah pertama yaitu kamu harus menyiapkan ruang kosong yang nantinya akan digunakan untuk membuat partisi manual di Linux Ubuntu yang akan kamu instal. Terlebih lagi jika kamu ingin menginstall Ubuntu secara Dualboot dengan Windows.

2. Booting ke Installer Linux Ubuntu

Selanjutnya silakan lakukang proses booting ke installer ubuntu kamu, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu telah menyiapkan installer Ubuntu yang siap untuk digunakan. Jalankan tahap instalasi hingga sampai ke menu partisi.

3. Mengatur Partisi Ubuntu Secara Manual

Pilihan Tipe Instalasi Linux Ubuntu

Setelah sampai ke tahap pembuatan partisi, kamu akan melihat window dengan pertanyaan mengenai pilihan metode partisi yang akan kamu gunakan, apakah manual atau otomatis. Pada tahapan ini pilih "Something Else" atau "Manual". 

Untuk membuat partisi, silahkan arahkan kursor dan klik 1 kali pada free space penyimpanan kamu. kemudian klik tanda + untuk membuat partisi. Kemudian menu pngaturan partisi akan terbuka. Silakan masukkan ukuran partisi yang akan kamu buat pada isian Size, lalu untuk Type For the New Partition, disini kamu isi sesuai dengan kebutuhan partisi kamu. Jika untuk file system, pilih primary. Sedangkan untuk partisi home kamu bisa gunakan Logical. Detailnya partisinya seperti pada dibawah.

  • Partisi "Swap" : Gunakan tipe partisi Primary, lalu ganti Use as menjadi swap area. Silakan sesuaikan ukurannya, biasanya untuk partisi swap umumnya ukurannya 2 kali ukuran ram. Namun jika kamu memiliki ram lebih dari 8 GB, bisa tidak mengikuti aturan 2 kali ukuran ram.
  • Partisi "Home" : Masukkan ukuran partisi untuk digunakan sebagai partisi home. Gunakan tipe partisi Logical, lalu ganti Use as menjadi Ext4 Journaling File System dan untuk Mount Pointnya silahkan ganti ke "/home". Partisi ini merupakan partisi yang nantinya akan kamu gunakan untuk menyimpan dokumen atau file kamu selama kamu menggunakan linux. namun partisi ini merupakan partisi opstional jika kalian menginstall linux ubuntu dengandualboot.
  • Partisi "root" : Partisi ini merupakan partisi inti dari linux dimana file system linux tersimpan disini. Masukkan ukuran partisi yang anda inginkan sebagai penyimpanan file system linux ubuntu anda nantinya. tipe partisi dan use as nya sama dengan partisi home. Untuk mount point nya silakan ganti menjadi "/" yang menandakan bahwa ini adalah partisi sistem.
Gambar ketika selesai membuat partisi Ubuntu secara manual

Setelah selesai membuat 3 partisi diatas, silakan klik tombol install now untuk memulai penginstalan Linux Ubuntu kamu. Sampai disini kita telah berhasil melakukan partisi manual di linux ubuntu dengan mudah. Cara ini bisa diterapkan ke semua jenis Linux turunan Ubuntu, caranya hampir sama namun yang membedakan dengan distro lain adalah tampilan antar mukanya akan sedikit asing buat kamu pengguna ubuntu murni. 

Itulh tadi tutorial singkat mengenai bagaimana cara melakukan partisi manual pada linux ubuntu. Jika kamu punya kendala atau pertanyaan, bisa langung komen dibawah atau dari kontak yang tertera di blog ini. Terima kasih telah berkunjung.. Good Luck!

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Membuat Partisi Manual di Linux Ubuntu Tanpa Ribet"